Senin, 20 Februari 2012

Teknologi Hybrid
Disebut hybrid karena menggabungkan antara mesin berbahan bakar dengan motor listrik sebagai tenaga penggerak pada mobil. Mesin berbahan bakar ini dapat berupa mesin bensin atau mesin diesel. Teknologi hybrid dipopulerkan oleh Toyota dan Honda . Teknologi ini merupakan salah satu solusi untuk menghemat bahan bakar dan mengatasi pencemaran lingkungan.
Teknologi hybrid yang diterapkan pada mobil ada 2 tipe yaitu :
1. Hybrid tipe paralel dan
2. Hybrid tipe seri.
hybrid011
Hybrid Tipe Paralel
Hybrid tipe paralel memiliki tangki bahan bakar yang menyuplai bahan bakar ke mesin. Hybrid tipe ini juga memiliki baterai yang menyuplai tenaga listrik ke mesin listrik. Baik mesin berbahan bakar maupun mesin listrik dapat menggerakkan transmisi pada saat bersamaan, karena masing-masing mesin terhubung ke transmisi secara independen, dan selanjutnya transmisi akan menggerakkan roda-roda.
Modus Kerja Mesin
Ada beberapa modus kerja mesin, baik itu mesin berbahan bakar maupun mesin listrik pada hybrid tipe paralel, yaitu :
Pada modus ini kinerja mesin seperti pada mobil biasa, yaitu mobil menggunakan tenaga dari mesin bensin/diesel. Selama proses ini bekerja, mesin listrik dan komponen-komponen pendukungnya dalam keadaan tidak aktif.
Pada modus ini mesin listrik bekerja sebagai tenaga penggerak utama. Energi untuk mesin listrik bersumber dari baterai. Selama proses ini bekerja, mesin bensin/diesel dalam keadaan tidak aktif.
Dalam keadaan kecepatan tinggi, kendaraan memerlukan energi yang besar sehingga dalam kondisi seperti ini baik mesin elektrik dan mesin bensin/diesel bekerja dalam waktu yang bersamaan.
Pada saat kendaraan melakukan pengereman, energi kinetik pengereman (regenerative breaking) yang dihasilkan dimanfaatkan untuk menggerakkan mesin listrik. Dalam hal ini mesin listrik berfungsi sebagai generator atau pembangkit energi listrik. Konsep ini sama seperti lampu sepeda yang menggunakan energi listrik dengan bantuan perputaran roda, atau turbin pada bendungan yang merubah energi gerak menjadi energi listrik. Dalam kondisi ini, kopling otomatis berada pada posisi bebas sehingga perputaran mesin bensin/diesel tidak mengalami gangguan atau hambatan. Energie listrik yang dihasilkan selama pengereman kemudian disimpan di baterai (recharging). Juga pada saat mesin bensin/diesel sedang bekerja, sebagian energi listriknya dapat disalurkan untuk mengisi baterai/aki (recharging). Dengan sistem operasi seperti ini maka akan terjadi penghematan bahan bakar.
Pada keadaan ini mesin bensin/diesel berputar dengan putaran tinggi, pada saat itu pula sebagian kecil energi gerak yang dihasilkan dari perputaran mesin yang tinggi di manfaatkan oleh mesin listrik, yang juga dapat berfungsi sebagai generator (penghasil listrik). Listrik tersebut kemudian di simpan ke baterai.
Hybrid Tipe Seri
Pada hybrid tipe seri mesin bensin/diesel bekerja sebagai generator yang berfungsi sebagai pembangkit baterai atau tenaga motor listrik yang menggerakkan transmisi. Mesin bensin tidak pernah langsung menjadi tenaga penggerak kendaraan. Sistem kerja pada hybrid seri dimulai dari tangki bahan bakar menyuplai bahan bakar ke mesin, selanjutnya mesin menyuplai tenaga ke generator, lalu tenaga yang dihasilkan generator didistribusikan ke baterai, dari baterai energi listrik disuplai ke mesin listrik. Energi pada baterai selain dari generator, juga didapatkan dari hasil pengereman (regenerative breaking).
Ilustrasi:
hybrid011
hybrid04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar